Cara Membuat Mesin Tetas Telur Dari Kardus Bekas

Langkah-langkah membuat mesin tetas sebagai berikut.
  1. Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan yaitu kardus rokok, baki air, rak telur, termometer, lampu bohlam, termostat, lembaran plastik, gunting atau cutter.
  2. Buat lubang sebagai kotak pengamatan dengan menggunting bagian tengah kardus. Kotak pengamatan berukuran 15 cm x 6 cm dengan posisi ketinggian 15 cm dari bagian bawah kardus yang menempel di lantai. Lubang kotak pengamatan ini kemudian di tutup dengan lembaran plastik transparan.
  3. Buat lubang ventilasi pada keempat sisi kardus yang menjadi dinding dengan diameter lubang 2 cm. Banyaknya lubang pada setiap sisi kardus adalah tiga lubang dengan ketinggian 6 cm dari lantai.
  4. Pasang lampu dan termostat pada sisi dalam kardus yang menjadi atap.
Cara penggunaan
  1. Letakkan telur pada rak telur, kemudian letakkan rak telur di atas  baki yang telah diisi air. Termometer di letakkan pada rak telur dan diposisikan agar mudah terbaca dari kotak pengamatan.
  2. Rak telur, baki air, dan termometer dimasukkan dengan cara menutupkan kardus rokok pada rak telur dan baki air yang terletak di lantai.
  3. Selama proses penetasan, telur di balik sebanyak tiga kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam hari. Proses pembolak-balikan telur dapat dilakukan secara manual, yaitu dengan menyapukan tangan pada telur. Pembalikan ini tidak harus membuat posisi telur berada pada posisi atas bawah.
Mesin tetas tripleks
Bahan yang digunakan sebagai ruangan tetas adalah tripleks. Prinsip kerjanya hampir sama dengan mesin tetas kardus, hanya saja mesin tetas tripleks lebih fleksibel dalam lokasi penempatannya dan dapat lebih menghemat tempat karena dapat di susun keatas. Mesin tetas tripleks dapat dibuat sendiri. Satu lembar tripleks dapat menghasilkan satu kotak penetas dengan ukuran 120 cm x 60 cm x 30 cm. Kapasitas telur puyuh yang dapat di tampung sebanyak 800 butir. Sumber panas yang digunakan dapat berupa bohlam ataupun lampu minyak.

Termostat dipakai untuk mengendalikan suhu pada lampu listrik. Jika suhu di dalam ruangan telah melebihi ambang batas yang telah ditentukan, secara otomatis termostat akan memutus aliran listrik sehingga lampu padam. Jika pemanas menggunakan lampu minyak atau lampu teplok (bahasa jawa) maka nyala api pada lampu dalam mesin tetas harus sering diperhatikan dan termostat diatur sesuai dengan suhu yang dikehendaki.

Mesin tetas otomatis
Mesin tetas otomatis mempunyai banyak kelebihan diantaranya sebagai berikut :
  1. Pengatur suhu bekerja dengan otomatis jika suhu menjadi tinggi akan turun dengan sendirinya menuju suhu awal sehingga kestabilan suhu lebih terjamin.
  2. Pengatur kelembapan bekerja debgan otomatis
  3. Pembolak-balik telur dilakukan oleh alat secara otomatis
Telur di masukkan selama 14 hari ke dalam setter.Setter merupakan ruang tempat pengeram telur yang di dalamnya terdapat mesin pembalik telur otomatis. Sebelum menetas, selama 2-3 hari telur puyuh di masukkan ke dalam hatcher. Hatcher merupakan tempat penetas. Kelembapan, suhu, dan frekuensi pembalikan telur telah diatur secara otomatis oleh mikroprosesor.

Mesin penetas otomatis buatan luar negeri dapat di pesan di distributor/importir. Mutu alat tetas buatan dalam negeri ini tidak kalah bagus dengan buatan luar negeri. Harga mesin tetas otomatis dapat di tanyakan pada distributor atau produsennya.

Untuk memperoleh untung yang banyak dan waktu pengembalian modal yang singkat di butuhkan otomatisasi mesin, modernisasi fasilitas, dan jumlah ternak yang banyak. Namun dengan efisiensi, mengingat keterbatasan fasilitas yang ada, akan membuat peternak mampu untuk tetap eksis.

Penggunaan fasilitas yang sederhana tentu saja dapat menekan biaya pengadaan dan biaya operasional. Biaya pengadaan ini meliputi biaya yang di keluarkan untuk membeli peralatan dan pembuatan kandang. Sementara biaya operasional yaitu biaya untuk sewa tempat, pembelian pakan, listrik, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara menetaskan telur ayam bangkok.
                    Ciri ayam bangkok suro mistis.

Komentar

  1. ass....
    wah boleh 7uga gan artikelnya,kalo boleh saya copy ya untuk di publikasikan kembali,?
    ini sangat bermanfaat bagi umum gan

    BalasHapus
  2. Wadahnya diletak dimana gan ?

    BalasHapus
  3. maksutnya letakkan telur diatas Baki yang telah di isi air itu gimana ???

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kualitas Burung Perkutut Berdasarkan Umur

Cara Pemeliharaan Anak Kambing Usia 0-4 Bulan

Jenis-Jenis Makanan Puyuh Beserta Perlengkapanya

Cara Benar Menangani kambing Yang Melahirkan

Fungsi Mail Merge Pada Microsoft Word

Panduan Lengkap Mengembalikan Setingan Microsoft Excel Sesuai Standar Pabrik

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Di MS Excel

Cara Perawatan Induk Murai Batu Semasa Mengeram 1 Sampai 14 Hari

Cara Menghapus Password Pada Workbook MS Excel