Cara Pemeliharaan Anak Kambing Usia 0-4 Bulan

Induk kambing memproduksi susu kolostrum selama kurang lebih 3 hari. bagaimana cara memelihara anak kambing usia 0-4 bulan yang benar?Selama itu, kambing sebaiknya tidak diperah, biarkan anak kambing menyusu pada induknya. Sebaiknya kambing baru diperah seminggu setelah. Ketika induk mulai diperah susunya, anak kambing ditempatkan dikandang terpisah, yaitu kandang koloni. Meski terpisah dari sang induk, anak kambing tetap harus diberi susu dari induk.

Hingga umur satu bulan, anak kambing hanya diberikan susu. Susu diberikan dengan menggunakan dot. Dot bisa dimodifikasi : tabungnya menggunakan botol bekas air mineral. Susu juga bisa diberikan dengan menggunakan ember atau baskom. Penggunaan ember atau baskom akan lebih memudahkan peternak karena tidak perlu memberikan minum anak kambing satu persatu seperti bila menggunakan dot.

Namun, anak kambing harus dilatih dan dibiasakan terlebih dahulu. Caranya , celupkan jari tangan kedalam ember atau baskom yang berisi susu lalu dekatkan jari tersebut ke mulut anak kambing agar dijilati. Bila anak kambing mau menjilatinya, jari tangan itu dilakukan berulang-ulang hingga anak kambing mau meminum susu diember atau baskom.

Kelemahan, susu yang dikonsumsi setiap anak kambing bisa berbeda. anak kambing yang lebih kuat akan meminum lebih banyak susu. Hal tersebut berdampak pada pertumbuhan anak kambing yang tidak seragam.

Pada umur 4-7 hari, anak kambing hanya diberi susu dari induknya sekitar 500 ml yang diberikan 3-4 kali. Setelah berumur 7 hari, jumlah susu yang diberikan ditambah sedikit demi sedikit hingga menjadi 800 ml pada umur 14 hari. Susu yang diberikan bisa mulai dicampur dengan susu sapi. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan perolehan susu kambing untuk tujuan komersial. Setelah anak kambing berumur satu bulan, susu yang diberikan bisa 100% susu sapi.

Mulai umur satu bulan, selain diberi susu, anak kambing mulai dilatih diberi pakan hijauan dan konsentrat untuk merangsang perkembangan rumen. Umur 1,5-2 bulan, anak kambing sudah diberi pakan rumput, leguminoceae, dan konsentrat. Susu sapi diberikan sebanyak 1,5-2 liter perhari. Setelah anak kambing berumur dua bulan, pemberian susu mulai dikurangi sedikit demi sedikit sampai akhirnya dihentikan. Setelah itu, anak kambing diberi pakan hijauan sebanyak 10% dari bobot tubuhnya. Pakan konsentrat diberi kan sebanyak 0,5 per ekor per hari.

Setelah mencapai dewasa kelamin, yaitu berumur 6-8 bulan, sebaiknya antara kambing muda jantan dan betina dipisahkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya perkawinan pada kambing muda tersebut. Saat mencapai dewasa kelamin, kambing muda akan berusaha kawin. Jika dibiarkan, hal ini malah merugikan karena umumnya kondisi fisik kambing belum siap untuk mendukung perkembangbiakan sehingga anak yang dihasilkan kurang bagus kualitasnya.

Komentar

  1. Kalo udah umur 3 bulan sebaiknya dikasih susu/di dot gak

    BalasHapus
  2. Kalo udah umur 3 bulan sebaiknya dikasih susu/di dot gak

    BalasHapus
  3. Kalo udah umur 3 bulan sebaiknya dikasih susu/di dot gak

    BalasHapus
  4. Kalo udah umur 3 bulan sebaiknya dikasih susu/di dot gak

    BalasHapus
  5. Cara melatih agar anak kmbing mau mkan hijauan gmna

    BalasHapus
  6. Berapakah usia kambing remaja betina dapat dikahwinkan

    BalasHapus
  7. Kala induk kambing tidak mau atau bisa menyusui anaknya susu apa sebaiknya yg dikasikan sama anak kambing bos

    BalasHapus
  8. Maksudnya induknya tdk bisa menyusui anaknya bos

    BalasHapus
  9. Benar kah ada kambing yg lgi hamil bs keguguran ...krn induk kambing saya sdh 2 ekor yg keguguran dan apakah penyebab keguguran induk kambing yg lgi hamil

    BalasHapus
  10. Jangan memberikan sembarangan pakan ke kambing saat hamil, agar tidak salah pakan cara paling mudah adalah, ikat kambing dan tempatkan dilapangan, sawah biar kambing merumput.

    BalasHapus
  11. Yang paling aman untuk pakan, Rumput Gajah, Ambas, Rumput biasa, hindari pakan yang bergetah walau telah dilayukan.

    Kambing saat melahirkan kali pertama semua anaknya mati, abortus, lahir sebelum waktunya karena salah memberikan pakan, mati 2 ekor.

    Alhamdulillah tanggal 15/11/2018 kemarin lahir 3 ekor dan, semua jantan.

    BalasHapus
  12. Waktu pemberian vitamin bcomplex setelah domba melahirkan?
    Waktu oemberian obat cacing setelah domba melahirkan?

    BalasHapus
  13. Mau txa..kambingku baru lahiran..anakx 2 ekor..stelah berumur 3 hri induknya mati..jdi hrus melanjutkn khidupn anak kambingx,,sy kasih mnum susu dg mnggunakn dot..kira2 dosisx brapa ya dg usia kambing segitu..???

    BalasHapus
  14. Penting diopeni di pakani kambinge diresiki kandange dan bnyak berdo'a.. Semoga berkah Allahumma aminn..

    BalasHapus
  15. Kalo sang betinanya gk mau nyusui gimana... Saat kambing baru lahir

    BalasHapus
  16. Pak mao tanya nih..
    Kalaow anak nya mao menyusui ..
    Koh ibu nya kaga mao menyusui..
    Malah dia nya tidur mulu dan kalow mwnyusui d seruduk terus..
    Gimana kah ituh pak...

    BalasHapus
  17. Anak kambing baru umur 3minggu tpi induknya sudah tidak mau menyusui ..trus gmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumny suhu, mencoba mmberikan pengalaman aja, kalo sudah berumur 3 minggu biasany bisa pake susu sapi murni atau susu formula gan, biasa aman, di kandng kami, cempe mulai diajarkan pakai susu pengganti pada umur 2 minggu /14 hari gan, skali lagi maaf, bukan maksud menggurui gan

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mesin Tetas Telur Dari Kardus Bekas

Kualitas Burung Perkutut Berdasarkan Umur

Jenis-Jenis Makanan Puyuh Beserta Perlengkapanya

Cara Benar Menangani kambing Yang Melahirkan

Fungsi Mail Merge Pada Microsoft Word

Panduan Lengkap Mengembalikan Setingan Microsoft Excel Sesuai Standar Pabrik

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Di MS Excel

Cara Perawatan Induk Murai Batu Semasa Mengeram 1 Sampai 14 Hari

Cara Menghapus Password Pada Workbook MS Excel