Kualitas Burung Perkutut Berdasarkan Umur

Burung perkutut mempunyai kekurangan dan kelebihan.kususnya terhadap anggung perkutut yang bervolume kecil dan bervolume besar.perkutut yang sehat dicirikan oleh beberapa tanda,yaitu matanya kelihatan bening,bulunya terlihat mulus,mau makan dan minum cukup.sebaliknya,perkutut yang tidak sehat memiliki mata yang terlihat sayu,bulu tanpa berdiri dan tidak mau makan/minum.

Selain kondisi kesehatanya,pemilihan perkutut juga perlu memerhatikan umur yang berkaitan dengan suara/anggungnya.untuk memilih perkutut yang berkualitas berdasarkan umur adalah sebagai berikut.

Perkutut Bahan(Piyik).
Kualitas perkutut dapat diketahui setelah burung itu berumur 3 bulan.karena perkutut piyik yang berumur kurang dari 3 bulan belum menunjukan anggung yang sebenarnya.pada usia itu,umumnya orang mengatakan perkutut masih menunjukan suara angin.ada juga orang yang mengatakan suara angin itu merupakan bunyi awal kemudian beru suara tokek.

Memilih perkutut seumur ini memerlukan pengalaman yang matang karena mungkin saja anggungnya bisa berubah.oleh karena itu,para pelestari perkutut sering mengatakan,bahwa membeli perkutut piyik ini 50% adalah gambling(spekulasi),maksudnya adalah 50% karena kematangan/pengalaman mendengarkan suara burung piyik dan 50% nya lagi adalah untung-untungan.

Perkutut Umur 3-5 Bulan.
Memilih burung perkutut yang berkualitas pada umur 3 sampai 5 bulan lebih kecil resikonya dibandingkan dengan memilih perkutut piyik umur 3 bulan.Anggung prkutut pada umur ini biasanya sudah menunjukan suara yang mendekati bunyi sebenarnya atau bagi para pelestari perkutut menyebutnya anggungya sudah mbalas.artinya,disamping anggung awal,perkutut sudah mbalas atau anggungnya srdah bisa 2 atau 3 kali berturut-turut.ada juga orang yang beranggapan bahwa kalau perkutut pada umur 4-5 bulan itu perkutut setengah jadi.

Memilih perkutut seumur ini lebih kecil unsur spekulasinya sekitar 30%.sedangkan sisanya 70% berdasarkan pengalaman kepandaian memilih.perubahan perkutut tahap demi tahap bisa saja terjadi.antara lain dobel sari bisa menjadi sari engkel dan sebagainya.

Perkutut Umur 5 Bulan.
Memilih perkutut umur ini resikonya sudah sangat kecil karena anggungnya sudah lengkap dan sudah mapan.lengkap artinya,suara depan,suara tengah dan suara ujug maupun irama dan dasar iramanya sudah sempurna bisa didengar.asalkan pemeliharaan/perawatanya benar maka anggung tidak akan berubah.jadi,kalau para pelestari/penggemar perkutut sudah memahami parsyaratan anggung perkutut yang bagus,maka pemilihan perkutut yang berkualitas tidak alan salah.

Mapan.aertinya aggung perkutut seumur ini pada dasarnya sudah tidak berubah-ubah.jika perkutut ini mempunyai ketukan atau suara tengahnya dobel sari atau dobel satu setengah,maka kemungkinan kecil sekali akan berubah menjadi sari engkel,atau suara depan,tengah dan ujungnya termasuk irama dan dasar suaranya tidak akan benyak berubah.

Contoh.
Perkutut yang ujung suaranya bersih,megalun/mengayun maka suara ujung ini akan tetap demikian.namun,ada pula perkutut yang menjelang dewasa suara depanya kurang narik dan juga suara ujungnya noklak.kelamahan/perubahan ini bisa diatasi dengan ikatan.ikatan hanya bisa menyempurnakan suara depan dan suara ujung saja.tetapi kecil kemungkinan untuk mengubah suara tengah,umpamanya burung yang suara tengahnya 1/2 ketukan,karena di ikat bisa menjadi 2 ketukan.para pelestari dan penggemar perkutut seperti penulis,setelah mempelajari penjelasan tersebut tidak akan memilih burung perkutut dewasa dan berkualitas.
Jika artikel ini bermanfaat.sudi kiranya untuk di share...Trimaksih.
Baca juga.Kriteria penilaian burung berkicau dalam kontes.

Komentar

  1. Maaf bosqu burung perkutut saya menginjak umur 8 bulan ujung nya kadang 2 hilang ( patah ) tadinya di bawa terus ujungnya gimna cara rawatnya supaya ujungnya ada lagi trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang perawatan dari tingkat penjemuran dan vitamin dan suplemen harus di tingkatkan untuk membawa ujung itu perlu stamina yang baik

      Hapus
  2. Iya sama om bosqu ..punya saya juga begitu ..caranya rawatvgimana supaya ujung kung di bawa yrus trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkatkan penjemuran dan vitamin supl3m3n agar stamina baik untuk membawa ujung perlu tenaga dan nafas yang panjang

      Hapus
  3. Saya punya prekutut Bangkok biar volume nya besar di kasih jamu apa yah umur 8 BLN .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo volume itu sudah karakter burung tidak dapat di rubah tapi bisa di stel suara bulat dan bersih jadi terdengar jelas ng nya iya itu k3ncur 4 hari s3kali selang d3ngan kunyit guna kencur mengangkat lendir basah dan mempertebal pita suara sedangkan kunyit mengeringkan suara selamat mencoba

      Hapus
  4. Pertanyaannya mengapa perkutut berubah suara nya di saat di menginjak usia mapan

    BalasHapus
  5. Umur berapa perkutut lokal mulai gacor?

    BalasHapus
  6. Kira2 Umur perkutut jantan lokal bekur.bkur?..

    BalasHapus
  7. Apakah semakin tua usia perkutut suara semakin besar?

    BalasHapus
  8. Kenapa perkutut saya kok gak maw manggung padahal umurnya sudah lebih dari satu tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempatnya di usahakn tidak brubah-ubah, penjemuran dan di loloh kacang hijau yang sudah di rendam air 6 jam, minimal seminggu sekali 7 butir dan beri asinan batu merah yang sudah di tumbuk

      Hapus
  9. alahamdulillah perkutu usia 3 bulan sudah sering manggung

    BalasHapus
  10. Terima kasih suhu ilmunya sangat simple dan luar biasa

    BalasHapus
  11. adakah penjelasan ilmiah,knpa perkutut bangkok semakin tua kualitas suara semakin menurun.berbeda dngn yg lokal?

    BalasHapus
  12. Vitamin dan suplemen yang baik untuk perkutu apa pak mereknya atau jenisnya

    BalasHapus
  13. ada baik nya diberikan contoh suara yg dimaksud supaya pemula seperti sy mengerti apa yg dimaksud suara noklak suara ketukan doble dsb 🙏

    BalasHapus
  14. Mau tanya bos ..mohon dijawab..apa benar perkutut bangkok semakin tua semakin hilang suaranya

    BalasHapus
  15. Di usia brp perkutut mau bnyi Om,krna pnya ku dari piyik skrg masuk usia 3 bln,bunyi tp ky suara piyik

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mesin Tetas Telur Dari Kardus Bekas

Cara Pemeliharaan Anak Kambing Usia 0-4 Bulan

Jenis-Jenis Makanan Puyuh Beserta Perlengkapanya

Cara Benar Menangani kambing Yang Melahirkan

Fungsi Mail Merge Pada Microsoft Word

Panduan Lengkap Mengembalikan Setingan Microsoft Excel Sesuai Standar Pabrik

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Di MS Excel

Cara Perawatan Induk Murai Batu Semasa Mengeram 1 Sampai 14 Hari

Cara Menghapus Password Pada Workbook MS Excel