Shutter (tombol pelepas rana/tombol penjepret) Pada Kamera Digital

Bagian kamera ini terletak di atas sebelah kanan body kamera, biasanya letaknya sejajar dengan jari telunjuk kita ketika kita menggenggam kamera dengan tangan kanan kita. Tombol inilah yang kita tekan ketika kita siap mengeksekusi objek untuk menjadi sebuah gambar/foto digital.

Apperture / diafragma

Terdapat pada lensa, merupakan pengaturan kapasitas cahaya yang masuk melalui lensa. Angka diafragma atau yang bisa juga disebut dengan f-stop memiliki angka yang berbanding terbalik dengan kondisi diafragma tersebut, semakin besar angka diafragma maka semakin kecil bukan diafragma atau semakin sedikit cahaya yang masuk, dan begitu pula sebaliknya.

Angka diafragma antara lain adalah f/3.5, f/5.6, f/8, f/11, f/16, dan f/22. Pada kamera digital non DSLR, apperture/diafragma ini biasanya telah diatur secara otomatis untuk berbagai kondisi pencahayaan pada pemotretan.



Shuuter speed / kecepatan rana

Kecepatan rana atau shutter adalah ukuran kecepatan rana membakar medium penangkap cahaya (sensor elektronik penerima gambar). Umumnya kecepatan rana terdiri dari urutan angka 8000, 4000,2000, 1000, 500, 250, 125, 60, 30, 15, 8, 4, 2, dan 1. Anka ini merupakan angka kebalikan karena masing-masing angka sebenarnya memiliki nilai satu per dalam satuan detik. Contoh angka 250 berarti 1/250 detik dan begitu seterusnya.

Namun angka tersebut tidaklah mutlak. Banyak produsen kamera menggunakan kecepatan rana yang hanya mendekati angka tersebut. Kecepatan rana mempengaruhi eksposur cahaya yang membakar film. Semakin cepat pembukaan rana, semakin sedikit cahaya membakar medium penangkap cahaya (sensor elektronik), dan sebaliknya.

Komentar

  1. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    At least 160000 women and men are losing weight with a easy and SECRET "liquids hack" to lose 1-2 lbs each night as they sleep.

    It is very easy and works every time.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Go get a clear glass and fill it up half the way

    2) Now follow this crazy HACK

    so you'll be 1-2 lbs lighter when you wake up!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mesin Tetas Telur Dari Kardus Bekas

Kualitas Burung Perkutut Berdasarkan Umur

Cara Pemeliharaan Anak Kambing Usia 0-4 Bulan

Jenis-Jenis Makanan Puyuh Beserta Perlengkapanya

Cara Benar Menangani kambing Yang Melahirkan

Fungsi Mail Merge Pada Microsoft Word

Panduan Lengkap Mengembalikan Setingan Microsoft Excel Sesuai Standar Pabrik

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Di MS Excel

Cara Perawatan Induk Murai Batu Semasa Mengeram 1 Sampai 14 Hari

Cara Menghapus Password Pada Workbook MS Excel