Cara membuat Susu Fermentasi

Susu kambing dapat diolah lebih lanjut menjadi susu fermentasi sehingga diperoleh produk seperti keju, kefir, yogurt, dan berbagai produk lainnya. Yogurt merupakan produk susu fermentasi yang lazim dijumpai di pasar swalayan atau supermarket. Yogurt ada yang encer dan ada juga yang kental dengan aneka rasa. Yogurt biasa dikemas dalam botol plastik.

Dalam pembuatan yogurt, digunakan mikroba seperti lactobacillus bulgaricus, Streptococcus thermophillus, atau campuran keduanya. Prosesnya melalui beberapa tahap seperti pasteurisasi, inokulasi, dan inkubasi. Susu dipasterusisasi pada suhu 80 OC selama 3-5 menit kemudian didinginkan hingga suhunya sekitar 40 OC. Susu yang sudah dipasteurisasi kemudian diberi inokulum bakteri asam laktat Lactobacillus bulgaricus atau Streptococcus thermophillus kemudian didiamkan dalam proses inkubasi yang berlangsung selama 6-9 jam pada suhu 43 OC. Setelah proses inkubasi tersebut, akan dihasilkan yogurt. Yogurt kemudian dikemas dan dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Yogurt merupakan minuman berkualitas. Susu fermentasi ini mengandung protein, kalsium, magnesium, dan kalori. Yogurt dikategorikan sebagai minuman multifungsional karena dapat mengatasi berbagai penyakit serta meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh.

Yogurt memiliki nilai gizi yang lebih baik dari pada susu segar karena bakteri asam laktat mampu menguraikan protein susu menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana sehingga mudah dicerna. Sementara itu, kandungan lemak pada yogurt lebih rendah. Yogurt juga mengandung aneka zat gizi yang diperlukan tubuh seperti asam folat, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, dan B12.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mesin Tetas Telur Dari Kardus Bekas

Kualitas Burung Perkutut Berdasarkan Umur

Cara Pemeliharaan Anak Kambing Usia 0-4 Bulan

Jenis-Jenis Makanan Puyuh Beserta Perlengkapanya

Cara Benar Menangani kambing Yang Melahirkan

Fungsi Mail Merge Pada Microsoft Word

Panduan Lengkap Mengembalikan Setingan Microsoft Excel Sesuai Standar Pabrik

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Di MS Excel

Cara Perawatan Induk Murai Batu Semasa Mengeram 1 Sampai 14 Hari

Cara Menghapus Password Pada Workbook MS Excel