Kelebihan Dan Kekurangan Kambing Jawarandu-Kambing Kacang-Kambing Etawa

Kambing jawarandu (ada yang menyebutnya kambing bligon) merupakan kambing hasil persilangan antara kambing Etawa dengan kambing Kacang. kambing ini memiliki ciri separuh mirip kambing Etawa dan separuh lagi mirip kambing Kacang. Kambing ini dapat menghasilkan susu sebanyak 1,5 liter per hari.

Kambing Kacang
Kambing kacang adalah kambing ras unggul yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Badannya kecil. Tinggi gumba pada yang jantan 60 cm hingga 65 cm, sedangkan yang betina 56 cm. Bobot kambing kacang jantan bisa mencapai 25 kilogram, sedang yang betina seberat 20 kilogram. Telinganya tegak, berbulu lurus dan pendek. Baik betina maupun jantan memiliki dua tanduk yang pendek.

Kambing Etawa
Kambing Etawa didatangkan dari India yang disebut kambing Jamnapari. Badannya berukuran besar. tinggi kambing jantan 90 cm hingga 127 cm dan yang betina hanya mencapai 92 cm. Bobot kambing Etawa jantan bisa mencapai 90-an kilogram, sedangkan betina hanya mencapai 60 kilogram. telinganya panjang dan terkulai ke bawah. Dahi dan hidungnya cembung. Baik jantan maupun betina bertanduk pendek.

Kambing jenis Etawa ini mampu menghasilkan susu hingga tiga liter per hari. Keturunan silang (hibrida) kambing Etawa dengan kambing lokal dikenal sebagai kambing "Peranakan Etawa" atau "PE". Kambing PE berukuran hampir sama dengan Etawa, namun lebih adaptif terhadap lingkungan lokal Indonesia. Sama seperti gen aslinya, kambing PE juga bisa dimanfaatkan susunya. Produktifitas susu hampir sama dengan kambing Etawa murni. Pejantan peranakan Etawa dikawinkan dengan betina lokal, sehingga menghasilkan kambing jenis Bligon.

Ciri fisik Bligon tak jauh beda dengan peranakan Etawa, yaitu masih tetap menunjukkan ciri bawaan generasi pendahulunya (Etawa). Telinganya lebar, bercambang, dan tubuh bongsor. Perbedaannyaadalah ukuran tinggi dan berat badan yang tidak bisa semaksimal Etawa. Justru dengan ukuran badan yang tidak setinggi Etawa ini, secar fisik kambing jenis bligon bentuknya lebih proposional. Orang memlihara bligon untuk diambil dagingnya.

Komentar

  1. Jual bibit Kambing Jawa Randu jantan dan betina calon Pejantan & Indukan unggul. kwalitas bagus hasil seleksi ketat. harga bisa dibandingkan kami paling murah. Siap kirim 100 ekor/minggu. Hub. Bpk Heru "Bejo Utomo Farm" Malang - Jawa Timur. Hp/Wa 081334272800 web saya di www.malangkambingdombasuper.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Klo anaka jawa randu jantan harga brpa pak? Trmksh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mesin Tetas Telur Dari Kardus Bekas

Kualitas Burung Perkutut Berdasarkan Umur

Cara Pemeliharaan Anak Kambing Usia 0-4 Bulan

Jenis-Jenis Makanan Puyuh Beserta Perlengkapanya

Cara Benar Menangani kambing Yang Melahirkan

Fungsi Mail Merge Pada Microsoft Word

Panduan Lengkap Mengembalikan Setingan Microsoft Excel Sesuai Standar Pabrik

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Di MS Excel

Cara Perawatan Induk Murai Batu Semasa Mengeram 1 Sampai 14 Hari

Cara Menghapus Password Pada Workbook MS Excel